Home » » Membangun Percaya Diri

Membangun Percaya Diri

Membangun Percaya Diri
Menurut Thantaway dalam Kamus istilah Bimbingan dan Konseling (2005:87), percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. Orang yang tidak percaya diri memiliki konsep diri negatif, kurang percaya pada kemampuannya, karena itu sering menutup diri.

Percaya Diri sangatlah diperlukan untuk menacapai suatu tujuan, terlebih lebih bagi yang berprofesi di bidang Marketing. Banyak cara untuk meningkatkan kepercayaan diri melalui buku-buku motivasi ataupun mengikuti pelatihan yang diadakan melalui seminar.

Akan saya coba sharingkan kepada Anda beberapa tips yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anda dengan secepat kedipan mata :

1. Berpenampilan Rapih

”Sempurnakan penampilan fisik anda; sudah merupakan fakta bahwa penampilan seseorang memainkan peranan penting dalam membangun rasa percaya diri. Meskipun kita tahu apa yang kita miliki dalam diri kitalah yang penting, penampilan fisik anda menentukan impresi orang terhadap diri anda.” (Building Blocks to Self-Confidence, Complete Wellbeing)

2. Tersenyum

Tersenyum merupakan tips 1 detik jika anda merasa gugup dan tidak percaya diri.Dengan senyuman sama haknya kita telah melepaskan hormon endorphin yang membuat anda merasa lebih baik, meningkatkan sirkulasi darah di wajah anda, membuat anda merasa nyaman dengan diri anda sendiri dan tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri anda.

3. Menatap Mata Lawan Bicara Anda

“Kontak mata membantu anda untuk menghilangkan rasa takut jika anda sedang berbicara di depan umum dan semakin mendekatkan anda dengan lawan bicara anda. Stress merupakan perasaan yang datang dari sesuatu yang asing dan tidak dapat dikendalikan. Kontak mata memberikan pembicara gambaran dari kenyataan yang tidak lain adalah lawan bicara itu sendiri. Kontak mata juga membantu menarik minat lawan bicara anda.” (Confident Eye Contact, Unlimited Confidence)

Kontak mata menunjukkan bahwa anda percaya diri. Menatap kebawah hanya mendorong perasaan anda menjadi ragu-ragu dan malu. Tips ini sangat berguna untuk situasi kerja; buatlah kontak mata dengan orang yang mewawancarai anda, atau orang-orang yang menghadiri presentasi anda. Jika Anda masih canggung pandang titik tengah antara kedua mata (Pangkal Hidung)

4. Mengubah Suara Hati Anda

Kebanyakan Manusia cenderung berpikir negatife akan potensi dirinya dengan mengatakan bahwa kita bodoh, tidak cukup mampu, terlalu gendut, kurus, berisik, pendiam, dll. Kemampuan merubah suara di dalam diri anda merupakan kunci untuk memperoleh kepercayaan diri dari dalam. Buat suara dalam diri anda menjadi teman pendukung yang paling mengenal anda dan mengetahui bakat anda, serta menginginkan anda untuk mencapai yang terbaik.Katakanlah pada diri sendiri bahwa "Saya Bisa..!"

5. Jangan terkecoh dengan Penilaian Orang lain

Jangan khawatir jika orang-orang menyebut anda gendut, kurus, pemalas, membosankan, pelit, konyol, dll.. Bertahanlah pada standar yang anda miliki, bukan pada standar yang dimiliki orang lain. Ingatlah nilai-nilai dan standar-standar yang dimiliki umumnya berbeda dalam masyarakat. Ingat pada dasarnya Setiap orang mempunyai potensi yang sama untuk sukses hanya masalah waktu dan latar belakang.

6. Berdoalah Atau Bermeditasi Sejenak

Dengan mengucapkan kalimat doa, hal ini dapat membantu anda untuk mundur sesaat dari situasi yang serba cepat dan mencari bantuan dari Yang Maha Kuasa. Disaat berdoa sambil mengatur irama pernafasan dengan mulai ambil nafas dalam-dalam dikeluarkan perlahan.

7. Tentukan Langkah Selanjutnya

Jika anda tidak yakin dengan apa yang harus anda lakukan, temukan satu langkah sederhana yang bisa membantu anda untuk terus maju. Hal ini mungkin saja bisa dilakukan dengan melakukan kontak mata pada sebuah pesta, memperkenalkan diri anda pada orang asing, memecahkan kebekuan dalam sebuah rapat, atau menanyakan orang yang mewawancarai anda untuk menunjukkan pengetahuan anda terhadap industri dan perusahaan mereka.

Mulailah bertindak meskipun anda tidak memiliki gambaran yang jelas mengenai apa yang seharusnya anda lakukan. Bergeraklah menuju sasaran anda. Koreksi diri anda di lain kesempatan.

8. Bicaralah dengan Tenang dan Rileks

Berbicara perlahan atau tenang menunjukkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang merasa tidak layak didengarkan akan berbicara dengan cepat, karena ia tidak mau membuat orang lain menunggu hal-hal yang tidak layak didengarkan. Jika anda sedang berbicara atau melakukan presentasi, berhentilah sesaat pada akhir sebuah frase atau kalimat untuk membantu orang lain mencerna apa yang anda katakan.

9. Ikut Andil

Seperti yang saya lihat dalam presentasi ataupun rapat pasti ada peserta yang fakum alias diam seperti mengerti dengan apa yang dibahas. Kemungkinan yang terjadi adalah anda merasa tidak terlalu percaya diri pada saat itu. Apapun situasi anda, berusahalah untuk ikut ambil bagian. Meskipun anda merasa tidak banyak yang bisa anda katakan, pikiran dan cara pandang anda sangat berharga bagi orang-orang di sekitar anda.

Dengan mencoba untuk berbicara setidaknya satu kali dalam setiap diskusi kelompok, anda akan menjadi pembicara yang lebih baik, lebih percaya diri mengutarakan pikiran anda, dan dikenal sebagai seorang pemimpin oleh rekan-rekan anda.

Demikian yang bisa saya sharingkan, semoga dapat bermanfaat bagi rekan-rekan pembaca.

Written by : Denny Marco - Describe about you

Dengan senang hati saya menerima saran dan kritik dari semua pembaca melalui komentar yang santun, dan Saya berharap artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat. Salam Hangat.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Terima Kasih atas Kunjungannya ! ::

0 comments:

Post a Comment